SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SENDANGMULYO KECAMATAN SARANG. DAPATKAN INFORMASI SEPUTAR DESA DISINI.  

POSYANDU UNTUK KESEHATAN BUMIL (IBU HAMIL)

Davi | 19 Maret 2024 11:48:37 | Berita Desa | 26 Kali

Pos pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan "dari, oleh, untuk dan bersama" masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan pembangunan kesehatan, pendidikan, dan ekonomi dengan tujuan memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, pendidikan dan ekonomi.

Tujuan penyelenggaraan posyandu yaitu menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (ibu hamil, melahirkan, nifas),  membudayakan pola hidup bersih dan sehat, meningkatkan peran serta dan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan Keluarga Berencana, serta kegiatan lainnya yang menunjang tercapainya masyarakat sehat sejahtera.

Kegiatan Posyandu "Nusa Indah" ibu hamil di Desa Sendangmulyo kecamatan Sarang kabupaten rembang yang bertempat di Balai Desa Sendangmulyo (lama) sabtu (16/03/2024) juga didampingi langsung dengan bidan desa serta pembantu kesehatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali pada pertengahan bulan.

Pelayanan Posyandu pada ibu hamil terdiri dari beberapa langkah sebagai berikut

  • Langkah 1: Pendaftaran ibu hamil menggunakan Kartu Bantu Pemeriksaan di Posyandu dan Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).

  • Langkah 2: Pengukuran lingkar lengan atas (LiLA) dan berat badan ibu untuk dicatat pada Kartu Bantu Pemeriksaan di Posyandu dan Buku KIA.

  • Langkah 3: Pencatatan hasil pemeriksaan disimpulkan oleh kader dan dijelaskan kepada ibu hamil.

  • Langkah 4: Tenaga kesehatan memberikan tindak lanjut dari hasil pengukuran. Tenaga kesehatan memberikan pelayanan kesehatan berupa pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) kepada ibu dan memberikan makanan tambahan kepada ibu hamil Kurang Energi Kronis (KEK).

  • Langkah 5: Penyuluhan kesehatan ibu oleh kader menggunakan buku KIA atau media lainnya, memeriksakan kehamilan ke fasilitas pelayanan kesehatan, memantau tanda bahaya, isi piringku ibu hamil, aktivitas fisik, dan KB.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : JLN RAYA PASAR SARANG NO 79 SARNG - REMBANG
Desa : SENDANGMULYO SARANG
Kecamatan : SARANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59274
Telepon : 082323823090
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung